Blogere Habel

Blogere Habel

Kamis, 11 Juni 2009

Sertifikasi Guru Kuota 2009, LPTK Unesa Targetkan Penilaian Tuntas 11 Juni

Jumat, 11 Juni 2009

SURABAYA - Sertifikasi guru jalur portofolio kuota 2009 mulai bergulir. Lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK) sudah mulai menilai berkas-berkas para guru. Di LPTK Unesa, ada sekitar 250 asesor (penilai) yang dikerahkan untuk menilai berkas. Penilaian berkas itu dijadwalkan selesai pada 11 Juni.

Tahun ini kuota yang ditangani LPTK Unesa sebanyak 9.002 guru. Rinciannya, TK 644, SD 4.461, SMP 2.186, SMA 1.130, SMK 505, dan SLB 76. Mereka berasal dari delapan kabupaten/kota di Jatim. Yakni, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Jombang, dan Bojonegoro.

Dalam penilaian portofolio tersebut, Unesa mempunyai asesor dari lima kampus mitra yang siap membantu. Kelima kampus itu adalah Universitas dr Soetomo (Unitomo), Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Gresik, Unmuh Sidoarjo, dan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, dan STKIP Jombang.

Namun, untuk saat ini hanya asesor dari Unitomo yang membantu LPTK Unesa. Asesor dari kampus lain belum bisa menjalankan tugas karena Ditjen Dikti (Pendidikan Tinggi) Depdiknas belum mengumumkan kelulusan mereka sebagai asesor. ''Nanti kalau sudah ada pengumuman dari Dikti, mereka langsung dilibatkan," kata Ketua LPTK Unesa Prof Dr Haris Supratno.

Dia menjelaskan, LPTK Unesa sekarang terus mengebut penilaian berkas. Sebab, pihaknya harus menyelesaikan semua proses tersebut paling lambat 11 Juni mendatang. Semua proses harus kelar pada tanggal tersebut karena pihaknya juga mulai melaksanakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) pada 15 Juni.

Jika batas waktu itu bisa selesai, pada Juli nanti pelatihan bagi guru yang tidak lulus portofolio bisa dilaksanakan. Nanti mereka bisa lulus pada tahun ini juga.

Sementara itu, untuk sertifikasi guru yang sudah S-2 dan S-3 dari perguruan tinggi yang terakreditasi di LPTK Unesa, ada 57 guru. Di antara jumlah itu, hanya 13 guru yang dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mendapatkan sertifikat pendidik. Dalam sertifikasi jalur tersebut, para guru tidak mengumpulkan portofolio. Mereka hanya mengumpulkan berkas, seperti legalisasi ijazah, izin studi, surat rekomendasi dari dinas pendidikan setempat, SK beban mengajar, dan SK pangkat.

Haris menjelaskan, setelah dinilai, memang ada 44 guru yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat secara langsung. Menurut dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka tidak memenuhi syarat. Di antaranya, ijazah yang dikumpulkan tidak dilegalisasi, tidak ada surat izin studi, dan tidak ada rekomendasi dari dinas setempat. (lum/hud)
Sumber : Jawapos

Comments :

1
Peta Kontur mengatakan...
on 

Kapan pengumuman sertifikasi 2009 melalui jalur portofolio dapat di lihat ?

Poskan Komentar

Selayang Pandang



Tanggal 10 Mei 2009 saya melepas masa lajang saya

Alhamdulillah sekarang saya sudah menjadi CPNS

Tanggal 1 November 2009 aku berangkat LPJ di Singosari selama 21 hari

Buruan daftar CPNS



Calender





Free Blog Calendar

waktu

Seputar Linux

Seputar Guru

Berita Olah Raga

berita penerbangan

Website & Kegiatan


Pasuruan Global Tech
 

Copyright © 2009 by Blogger'e Habel